Peduli Lingkungan, 1 Kompi Pasukan Yon Arhanud 14/PWY “Serbu” Pantai Kesenden

Peduli Lingkungan, 1 Kompi Pasukan Yon Arhanud 14/PWY “Serbu” Pantai Kesenden

CIREBON - Puluhan prajurit TNI AD dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 14/Pratiti Wira Yudha (PWY) Cirebon melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Kesenden, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu (11/12/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangkaian peringatan Hari Juang TNI dan Yon Arhanud 14/PWY peduli lingkungan.

Dalam kegiatan itu, Yon Arhanud-14/PWY TNI-AD melibatkan personel dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon dan Kelurahan Kesenden.

Dengan cara manual, prajurit Yon Arhanud memunguti sampah yang ada di sepanjang bibir Pantai Kesenden.

Sampah-sampah tersebut kemudian diangkut ke atas mobil dump truck sampah milik DLH Kota Cirebon yang selanjutnya dibuang ke TPA Kopi Luhur, Argasunya.

Komandan Batalyon Arhanud 14/PWY Letkol (ARH) Haris Atmaja Adinata SE melalui Wakil Komandan Batalyo  Arhanud Mayor (ARH) Pujo Andriana didampingi Pasi Intel Lettu Sumardionodan Pasi Dalpur Lettu (ARH) Dadang Wahyudi mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai tersebut sebagai bukti nyata Yon Arhanud peduli terhadap lingkungan hidup.

\"Kota Cirebon ini berada di bibir pantai, sehingga kita harus melestarikan kebersihan dan keindahan pantai kita. Kondisi Pantai Kesenden saat ini bisa dilihat sendiri penuh dengan sampah. Kami dapat perintah dari pimpinan untuk membersih Pantai Kesenden ini. Dan ini juga dalam rangka memperingati Hari Juang TNI,\" katanya.

Mayor (ARH) Pujo menyebutkan, personel yang dilibatkan sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK).

\"Sebanyak 100 personel kami kerahkan dan kami bagi-bagi per sektornya sepanjang bibir Pantai Kesenden ini. Harapan ke depan, kegiatan ini akan terus berlanjut nanti,\" sebutnya.

Sementara itu, Lurah Kesenden Ruliyanto menuturkan, bersih-bersih sampah di Pantai Kesenden merupakan kepedulian terhadap lingkungan dan program karya bhakti TNI sebagai tidak lanjut kunjungan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

“Kami mengucapakan terima kasih dan apresiasi Batalyon Arhanud 14/PWY yang melakukan aksi bersih-bersih Pantai Kesenden. Semoga kegiatan ini bisa diikuti oleh elemen lainnya agar Pantai Kesenden ke depannya bisa bersih dari sampah. Selain itu, juga kegiatan ini sebagai repleksi tiga tahun kepemimpinan Nashrudin Azis-Eti Herawati dalam program Sehati,\" singkatnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: